Keutamaan dan Keajaiban Sholat Tahajud

shalat tahajud-sholat tahajud-sholat malam-sholat lail-www.riyadhohayatkursi.comSholat tahajud atau sholat malam-sholat lail merupakan bagian dari ibadah qiyamul lail. Sholat tahajud merupakan ibadah sholat sunnah muakad, yaitu ibadah sunah yang mendekati wajib dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena keutamaan dan fadhilah-nya yang sungguh luar biasa. Sudah banyak kaum muslimin yang merasakan fadilah shalat tahajud.

Seperti yang sudah tersampaikan di tulisan sebelumnya tentang shalat dhuha, bahwa sholat tahajud dan sholat dhuha ibarat dua sisi mata uang yang mengandung unsur yin yang. Shalat tahajjud yang dikerjakan pada malam hari mengandung unsur yin (dingin) dan sholat dhuha yang dikerjakan pada saat matahari terbit mengandung unsur yang (panas). Apabila keduanya dikerjakan secara istiqomah, rutin dan konsisten akan terjaga keseimbangan hidup. Dan sekali lagi tentunya tanpa meninggalkan shalat wajib tepat waktu.

Baca : Rahasia Keutamaan dan Fadhilah Sholat Dhuha yang Harus Diketahui

Hikmah shalat tahajud tidak hanya dari sisi spiritual saja, tetapi juga untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat sholat tahajud untuk kesehatan tubuh :

1). Hati menjadi tenang dan tentram sehingga terhindar dari stress dan depresi serta penyakit psikologis lainnya yang akan menjadi sebab timbulnya penyakit jantung dan darah tinggi.

2). Tubuh menjadi lebih sehat, karena pada saat mengerjakan sholat tahajjud dengan ikhlas pada tengah malam akan meningkatkan imun tubuh atau daya tahan tubuh sehingga terhindar dari sakit kanker dan infeksi.

3). Meningkatkan kepekaan intuisi dan kreatifitas, karena ada satu syaraf otak yang dialiri darah pada saat sujud waktu sholat tahajud. Intuisi dan kreatifitas sangat dibutuhkan bagi mereka yang berprofesi sebagai pengusaha, wiraswasta, wirausaha, pedagang, marketing, entrepreneur, karyawan dan lain sebagainya.

4). Membuat wajah menjadi bercahaya dan menarik, karena aliran darah lancar menuju ke otak dan wajah. Jadi tidak perlu lagi totok wajah atau pun susuk wajah untuk membangkitkan aura wajah agar lebih menarik.

Selain manfaat shalat tahajud bagi kesehatan tubuh ada juga fadhilah sholat tahajud atau keutamaan sholat tahajud yang lain, yaitu :

1). Dikabulkan doa dan hajat.

2). Diampuni dosa-dosa.

3). Meringankan hisab di akhirat nanti.

4). Mendapatkan Kemuliaan 5 di dunia dan 4 di akhirat

5). Mengerti dan memahami hikmah kehidupan

6). Dijauhkan dari bencana

Baca juga : Rahasia Tersembunyi Bacaan Ayat Kursi per Kata

Tuntunan dan Panduan tata cara beserta bacaan sholat tahajud

Cara sholat tahajud yang benar seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw yaitu dilaksanakan dengan diawali tidur terlebih dahulu. Sabda Rasulullah SAW : “…Shalat dan tidurlah karena sesungguhnya tubuhmu punya hak yang harus kau penuhi dan sesungguhnya matamu punya hak yang harus kau penuhi…” (HR. Al-Bukhari).

Waktu sholat tahajud terbagi menjadi 3, yaitu :

1). Pertama dari jam 19.00 malam sampai dengan jam 22.00 malam (Waktu Saat Utama).

2). Kedua dari jam 22.00 malam sampai dengan jam 01.00 pagi (Waktu ini saat yang lebih utama).

3). Ketiga dari jam 01.00 pagi sampai dengan sebelum masuknya waktu shubuh (Waktu yang paling sangat utama).

Pada tiap malam Allah turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Allah berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari tinjauan kesehatan pada waktu sepertiga ketiga ini terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Pada jam ini terjadi regenerasi sel. Kondisi paru-paru sangat kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru-paru. Dan saat sujud pada waktu inilah mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke saraf otak tertentu yang tidak di aliri darah pada saat sujud di waktu siang dan sore hari.

BACA JUGA :  KEAJAIBAN DAN KEDAHSYATAN SEDEKAH

Cara Sholat tahajud sama dengan sholat subuh dan shalat dhuha, yaitu dua rakaat satu kali salam. Lantas sholat tahajud berapa rakaat ? Sholat tahajud minimal 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya sesuai kemampuan. Berbeda dengan sholat dhuha yang minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Untuk mengawalinya cukuplah 2 rakaat saja, apabila sudah menjadi kebiasaan boleh diperbanyak jumlah rakaat sholat tahajud.

Niat sholat tahajud

bacaan-niat-sholat-tahajud

Tulisan latin niat shalat tahajud : Ushalli sunnatat-tahajudi rak’ataini lillahi ta’aalaa

Arti niat sholat tahajud : Aku niat Sholat Sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah

Pada rakaat pertama setelah Al Fatihah membaca surat Al Kafirun

surat al kafirun huruf arab

Bacaan latin Surat Al Kafirun :

Bismillahirrahmanirrahiim

1). Qul yaa ayyuhaa alkaafiruuna,
2). Laa a’budu maa ta’buduuna,
3). Walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu,
4). Walaa anaa ‘aabidun maa ‘abadtum,
5). Walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu,
6). Lakum diinukum waliya diini.

Arti surat Al Kafirun :

1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
6). Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku

Pada rakaat kedua setelah Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas

surat Al ikhlas huruf arab-www.riyadhohayatkursi.com

Bacaan latin Surat Al Ikhlas :

Bismillahirrahmanirrahiim

1). Qul huwa allaahu ahadun,
2). Allaahu shamadu,
3). Lam yalid walam yuuladu,
4). Walam yakun lahu kufuwan ahadun.

Arti surat Al Ikhlas

1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Apabila tidak hafal kedua surat di atas diperbolehkan untuk membaca surat yang lain yang hafal. Dan sebelum membaca doa sholat tahajud akan lebih baik diawali dengan dzikir sebagai berikut :

1). Membaca Istighfar 100 x.

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka ”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Bacaan istighfar pendek :   Astagfirullahaladzim

Artinya : Aku mohon ampun kepadamu Ya Allah

2). Membaca Tasbih 33 x.

Bacaan Tasbih pendek : Subahanallah

Artinya : Maha Suci Allah

3). Membaca Tahmid 33 x.

Bacaan Tahmid pendek : Alhamdulillah

Artinya : Segala puji bagi Allah

4). Membaca Takbir 33 x.

Bacaan Takbir : Allahu Akbar

Artinya : Allah Maha Besar

5). Membaca sholawat nabi-shalawat nabi-solawat nabi Muhammad SAW 100 x.

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah dengan penuh penghormatan.”(QS. Al-Ahzab: 56)

Bacaan sholawat nabi pendek : ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMAD

Artinya : “ Ya Allah, limpahkanlah sholawat untuk Muhammad “

Selain berdzikir dengan kalimah diatas bisa juga dengan wirid ayat kursi atau dzikir ayat kursi. Setelah wirid dan dzikir selesai baru membaca doa tahajud. Sebenarnya tidak ada ketentuan bacaan doa setelah sholat tahajud. Kita boleh berdoa dengan bahasa sendiri sesuai dengan apa yang menjadi hajat kita.

Berikut Doa sholat tahajud yang disunahkan nabi Muhammad saw. Ada dua macam doa setelah sholat tahajud.

Bacaan doa shalat tahajud ke 1

doa sholat tahajud

Doa Tahajud dalam bahasa latinnya :

Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa liqaa’uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallam haqq, wassaa’atu haqq. Allaahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu’akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa ilaaha illaa annta.

Arti doa tahajud di atas adalah:  “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”

Bacaan doa shalat tahajud ke 2

doa-sholat-tahajud-bahasa-arab

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.

Arti doa Sholat Tahajud

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Jika saat ini ada yang sedang mengalami masalah ekonomi, masalah keuangan, masalah finansial, sulit jodoh, susah rezeki, belum dapat pekerjaan, punya hutang, usaha dan bisnis tidak lancar, jualan dan dagangan kurang laku dan laris manis, warung dan toko sepi pembeli segerakan dan secepatnya mulai waktu ini untuk diniatkan mengerjakan shalat tahajud dan sholat dhuha secara istiqomah, rutin dan konsisten.

Dengan demikian menjadikan hati tenang dan semua masalah hidup serta beban hidup yang saat ini sedang di alami digantikan oleh Allah dengan keberkahan dan keberlimpahan hidup; berupa rezeki lancar dan berkah, dagangan dan jualan cepat laku dan laris manis, toko dan warung ramai pembeli, bisnis dan usaha lancar dan maju, agar cepat dapat jodoh dan enteng jodoh, cepat bisa membayar hutang dan melunasi hutang, segera mendapatkan pekerjaan yang layak dan mapan.

Intinya apa pun masalah yang sedang kita alami saat ini segera mendekatkan diri dan berlarilah kepada Allah yang maha kuasa dengan ikhtiar batin serta ikhtiar lahir. Baca : Rahasia Ikhtiar Lahir dan Ikhtiar Batin.

Karena semua solusi masalah hidup atas kehendak Allah dan atas kuasa Allah. Seperti yang termaktub di dalam bacaan :  “ La Haula Wala Quwwata Illa Billah “

Artinya : “ Tidak ada daya dan kekuatan kecuali kekuatan Allah “

Baca : Jangan Suka Memelihara Masalah

Ayat Al Quran dan Hadist tentang sholat tahajud

” Sesungguhnya bangun di waktu malam, dia lebih berat dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya bagimu di siang hari kesibukan yang panjang”. ( QS. Al-Muzzammil : 6-7 )

“Dan pada sebagian malam ber-tahajjud-lah dengannya sebagai tambahan bagimu.Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (QS. Al Isra’: 79)

Sabda Rasulullah : “Sungguh kemuliaan seorang muslim terletak pada shalat malamnya.” (HR. At-Thabrani).

Sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang banyak melakukan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi).

Rasulullah bersabda: “Pada hari Kiamat, manusia dihalau di tanah lapang, kemudian malaikat berseru ‘Mana orang yang sholat Tahajud’, hanya sedikit yang bangkit. Mereka lantas dipersilahkan masuk surga, tanpa dihisab”.(HR Baihaqi).

Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan kemudian bertanya, ‘wahai Rasulullah, bagaimana cara melakukan sholat malam? kemudian Rasulullah menjawab; ‘Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat). (HR. Muslim)

Rasulullah SAW bersabda;
“Jika tidak karena memberatkan umatKu, niscaya aku wajibkan Tahajud ke atas mereka”

Demikian artikel “Keutamaan dan Keajaiban Sholat Tahajud” ini saya persembahkan, semoga bermanfaat dan menambah semangat kita semua untuk istiqomah melaksanakan sholat tahajud. Aamiin…

Supported By : www.riyadhohayatkursi.com

Klik tulisan warna Biru untuk membaca tulisan/artikel yang lain.

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini agar menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Klik salah satu logo : Facebook, Twitter, Email, Google Plus dan lainnya dibawah ini untuk berbagi manfaat dan keberkahan artikel ini dengan teman, sahabat dan saudara anda. Semakin banyak berbagi semakin banyak yang baca dan semakin banyak pula manfaatnya untuk teman, sahabat dan saudara kita.