Keajaiban Dan Kedahsyatan Sedekah

Beberapa waktu malam kemarin saya menonton acara di salah satu televisi swasta dimana host-nya adalah Ustadz Yusuf Mansur. Ustadz Yusuf Mansur seperti yang kita kenal selama ini adalah ustadz yang selalu intens mengingatkan tentang Keajaiban dan Kedahsyatan Sedekah.

Di dalam acara tersebut Ustadz Yusuf Mansur menampilkan artis yang sudah mengalami dan merasakan sendiri tentang keajaiban dan kedahsyatan sedekah. Agus Kuncoro bercerita bagaimana dengan sedekah Allah telah mengabulkan doanya untuk memiliki anak, dan Allah mengabulkan satu bulan kemudian istrinya hamil. Opick menyedekahkan uang sebesar 800 juta, dan Allah menambahkan lagi keberkahan yang berlebih dalam rezeki Opick, sehingga Opick bisa lebih banyak lagi untuk bersedekah terhadap fakir miskin. Ada pria yang sudah berumur 40 tahun belum menikah menyedekahkan penghasilannya, dan di acara tersebut ternyata ada wanita yang datang juga sedang mencari jodoh dan pasangan hidup.

Apakah semua itu faktor kebetulan saja ?

Allah SWT berfirman : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkah hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (Al Baqarah : 245 )

Firman Allh SWT yang lain tentang sedekah :  “Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( Al Baqarah : 261 )

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Al Baqarah : 274)

Allah berfirman, “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’, dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (Qs. Saba`: 39)

Sedekah merupakan investasi dunia dan investasi akhirat. Dimana Allah akan segera memberikan balasannya tidak hanya pada saat di dunia tetapi juga di akhirat. Dan sedekah bersifat segera, jangan menunda-nunda untuk bersedekah. Sedekah tidak perlu menunggu kaya, justru dengan sedekah hidup semakin berkah dan berlimpah.

Rasulullah SAW bersabda :  Shadaqah (sedekah) yang paling utama adalah engkau bershadaqah ketika dalam keadaan sehat dan bugar, ketika engkau menginginkan kekayaan melimpah dan takut fakir. Maka jangan kau tunda sehingga ketika ruh sampai tenggorokan baru kau katakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian.” (HR.Al-Bukhari dan Muslim)

Sedekah juga merupakan penolak bala. Sabda Rasulullah SAW : “Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.”

Seseorang yang bersedekah akan bertambah rezekinya. Sabda Rasulullah SAW : “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Sabda Rosulullah yang lain tentang sedekah menambah rezeki : “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah, bertambah.”(HR. Al Tirmidzi)

Dari firman Allah dan Hadist Rasulullah diatas masih adakah keraguan dan kesangsian untuk bersedekah ? Hukum sedekah adalah wajib bagi setiap muslim dan hamba Allah.

Sabda Rosulullah: “Tiada pagi hari, melainkan ada dua malaikat yang turun, kemudian salah satunya berkata (berdo’a) : “Ya Allah, berilah pengganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan yang lain berdo’a :”Ya Allah, timpakanlah kepada orang yang kikir (tidak berinfak) kehancuran” [Muttafaqun alaih]

Di dalam buku yang berjudul The Power of Giving ada rumus yang tidak umum dalam ilmu matematika berkaitan dengan sedekah. Berikut rumus matematika sedekah tersebut.

Rumus matematika sedekah :

X – Y =  (X -Y) + (Y x 10)

10 – 1 = 19

10 – 2 = 28

10 – 3 = 37

10 – 4 = 46

10 – 5 = 55

10 – 6 = 64

10 – 7 = 73

10 – 8 = 82

10 – 9 = 91

10 – 10 = 100

Sebagai contoh dari rumus diatas sebagai berikut :

Bila seseorang mempunyai uang Rp. 1.000.000,-( Satu Juta Rupiah ), kemudian disedekahkan Rp. 100.000,-(Seratus Ribu Rupiah) maka akan mendapat balasan rezeki dari Allah sebesar Rp. 1.900.000,- (Satu Juta Sembilan Ratus Rupiah).

Atau paling tidak Allah akan menggantikannya senilai Rp. 700.000,-(Tujuh Ratus Ribu Rupiah) dengan merujuk pada Surat Al Baqarah Ayat 261. Dimana 1 nilai sedekah akan diberikan ganjaran 700 kali lipat.

Itulah Keajaiban dan Kedahsyatan Sedekah. Mari kita bersedekah untuk mensucikan harta dan rezeki dari Allah. Karena sedekah adalah Investasi Dunia dan Investasi Akhirat.

Semoga bermanfaat…

Sumber  :  Rahasia Riyadhoh Ayat Kursi dan The Power of Giving

Berbagilah dengan teman-teman anda tulisan ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini.

Iklan