Menjemput Malam Lailatul Qadar

menjemput-malam-lailatul-qadar-bulan-dan-awan-biru-www.riyadhohayatkursi.wordpress.comMalam lailatul qadar adalah malam yang selalu di tunggu-tunggu oleh umat muslim di setiap bulan Ramadhan. Di mana malam lailatul qadar adalah satu waktu yang mempunyai keistimewaan dibandingkan malam-malam yang lain. Malam lailatul qodar seperti hadist Rasulullah ada pada malam-malam ganjil di sepertiga terakhir bulan puasa yaitu malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah tujuh keistimewaan dari malam lailatul qadar :

1. Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an

Allah Ta’ala berfirman : “ Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan “(QS. Al Qadar: 1)

2. Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 (seribu) bulan

Allah Ta’ala berfirman : “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3).

Bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

3. Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan

Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3).

Malam penuh berkah ini adalah malam ‘lailatul qadar’ dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut.

4. Malaikat dan juga Ar Ruuh -yaitu malaikat Jibril- turun pada Lailatul Qadar

Allah Ta’ala berfirman : “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril” (QS. Al Qadar: 4)

Para malaikat akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. Turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al Qur’an. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka karena malaikat sangat mengagungkan mereka.

Malaikat Jibril disebut “Ar Ruuh” dan dispesialkan dalam ayat karena menunjukkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.

5. Lailatul Qadar malam yang penuh kesejahteraan

Allah Ta’ala berfirman : “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al Qadr: 5)

Malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Juga dapat berarti bahwa malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah (pada malam tersebut). Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan luar biasa dari Lailatul Qadar.

6. Lailatul Qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan

Allah Ta’ala berfirman : “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4).

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rezeki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada malaikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

7. Dosa setiap orang yang menghidupkan malam ‘Lailatul Qadar’ akan diampuni oleh Allah

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari )

Insya Allah, apabila berdoa pada malam lailatul qadar doa dan hajat akan dikabulkan oleh Allah. Penyebab tidak terkabulnya doa dan hajat dikarenakan masih adanya dosa yang belum terampuni.

Dari ketujuh keistimewaan malam lailatul qadar diatas marilah kita berlomba-lomba untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar dari sekarang ini. Dengan memperbanyak amalan sunnah baik shalat malam (tahajud) maupun berdzikir. Bagi yang sudah menjadi Pengamal Riyadhoh Ayat Kursi jangan sia-siakan 10 hari malam terakhir di bulan Ramadhan untuk menjemput Malam Lailatul Qadar dengan mengamalkan Riyadhoh Ayat Kursi.

Semoga bermanfaat…

Sumber :   Rahasia Riyadhoh Ayat Kursi

Klik tulisan warna Biru untuk membaca tulisan/artikel yang lain.

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini. Hal ini agar menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Berbagilah dengan teman-teman anda artikel ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini. Semoga menjadi manfaat, keberkahan dan keberlimpahan Ridho Allah untuk kita semua.