Sukses Modal Gratis Dari Allah

sukses modal gratis dari Allah-riyadhohayatkursi.wordpress.com“ Pak Satrijo, saat ini saya betul-betul tidak tahu apa yang harus saya lakukan.. modal habis untuk usaha dan bisnis. Tetapi usaha dan bisnis saya selalu gagal… sekarang saya harus menanggung hutang di bank..“ itu adalah sebagian kecil isi email dari sekian banyak email yang masuk ke email saya.

Dan seringkali pula saya harus mengelus dada prihatin setiap membaca email dengan isi seperti diatas. Dan itu yang membuat saya tidak habis pikir, yang saya khawatirkan fenomena sosial hutang seperti yang ada dalam tulisan saya sebelumnya ibarat fenomena gunung es yang tampak kecil di permukaan air laut tetapi besar di bawah permukaan air laut.

Tetapi tulisan kali ini tidak membahas tentang fenomena hutang yang saat ini sudah menjadi trending topic di masyarakat umum, yang ingin saya sampaikan melalui tulisan kali ini adalah perihal Modal. Banyak orang memahami bahwa untuk meraih sebuah kesuksesan dan keberhasilan dalam sebuah usaha, bisnis, wirausaha dan wiraswasta harus mempunyai modal materi yang sepadan dengan besarnya master plan dari sebuah peluang bisnis dan peluang usaha. Dan ujung-ujungnya dengan modal nekat pinjam ke Bank dan berakhir tragis dengan menyisakan hutang.

Allah menciptakan manusia dengan segala kesempurnaannya termasuk di dalamnya Modal Gratis yang sudah Allah berikan semenjak kita dilahirkan. Kalau kita mau berpikir dan merenung sebenarnya Allah sudah memberikan kepada setiap manusia dengan 3 modal. Dimana dengan ke 3 modal ini manusia bisa memperoleh kesuksesan dan keberhasilan tidak hanya dalam bidang usaha, bisnis, wirausaha dan wiraswasta tetapi pada semua bidang kehidupan. Ke 3 modal itu apa saja ?

Allah memberikan 3 modal gratis berupa mental (hati), otak (pikiran) dan jasmani (badan). Ke 3 modal ini adalah modal utama di dalam meraih kesuksesan, keberhasilan, merubah nasib hidup dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kehidupan. Sebanyak apa pun uang yang anda miliki apabila tidak mempunyai salah satu dari ke 3 modal diatas tentunya juga tidak akan ada gunanya uang tersebut.

Sebenarnya banyak sekali orang sukses yang mengawalinya dengan ke 3 modal diatas dan modal materi berupa uang dengan nilai yang kecil. Ada Mas Mono pemilik Ayam Bakar Mas Mono, Tukul Arwana, Sule, bahkan Bapak Dahlan Iskan yang dulunya karyawan koran dan surat kabar Jawa Pos sekarang menjadi pemilik Jawa Pos Group. Dari kalangan yang tidak terkenal dulu saya pernah ada kenalan salah satu karyawan warnet langganan saya dengan gaji Rp. 600.000,- setiap bulannya. Kemudian keluar dan merantau di Jakarta, selang 5 tahun kemudian karyawan kenalan saya tersebut sudah bisa membeli warnet langganan saya seharga Rp. 900 juta dari pemiliknya yang dulunya adalah boss-nya.

Ada pula pengusaha yang tinggal di salah satu kota besar dengan hanya modal ijazah Sekolah Dasar-SD bisa merubah nasib hidup dan meraih kesuksesan. Karir suksesnya diawali dengan berprofesi sebagai kuli batu, meningkat menjadi tukang bangunan, naik lagi menjadi mandor bangunan dan terakhir puncak karir dalam perjuangan hidupnya sebagai pengusaha sukses dalam bidang developer real estate. Lantas mengapa anda yang lulus SMP, SMU-SMA, S1 dan S2 harus kalah dengan yang hanya lulusan SD ?

Kembali ke modal, dari ke 3 modal yang diberikan oleh Allah diatas apabila disatukan akan menjadi modal yang sangat kuat untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan. Wujud dari ke 3 modal tersebut adalah Kemauan dan Kemampuan. Kemauan dan Kemampuan ini adalah Dwi Tunggal yang harus berjalan bersama-sama secara berimbang. Karena ada kemauan tanpa disertai kemampuan juga akan mengalami kegagalan, begitu pula memiliki kemampuan tetapi tidak ada kemauan juga tidak akan terjadi apa yang diinginkan. Dengan menyeimbangkan kemauan dan kemampuan di dalam setiap usaha untuk mengejar cita-cita dalam hidup akan lebih Terarah dan Terukur.

Banyak orang yang mengalami kebangkrutan dan terjerat hutang ratusan milyar bisa bangkit kembali karena memberdayagunakan ke 3 modal gratis dari Allah tersebut. Oleh karena itu mari berdayakan diri sendiri dengan memanfaatkan dan memaksimalkan ke 3 modal gratis dari Allah tersebut. Ingat apa yang ada di Bumi ini selain ciptaan Allah juga ada ciptaan manusia. Dari apa yang tercipta dari manusia itu hasil dari kemauan dan kemampuan yang merupakan wujud dari ke 3 modal gratis tersebut.

Dan yang perlu diingat lagi di dalam meraih kesuksesan, keberhasilan dan merubah nasib hidup selalu ada campur tangan dari Allah berupa Pertolongan dan Ridho Allah. Untuk itu jangan tinggalkan ibadah wajib dan tambahkan dengan ibadah sunah berupa sholat dan puasa serta sedekah.

Semoga tulisan Sukses Modal Gratis dari Allah ini bermanfaat…

Sumber :   Riyadhoh Ayat Kursi

Klik tulisan warna Biru untuk membaca tulisan/artikel yang lain.

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini. Hal ini agar menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Berbagilah dengan teman-teman anda artikel ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini. Semoga menjadi manfaat, keberkahan dan keberlimpahan Ridho Allah untuk kita semua.