Rahasia Doa Dikabulkan Allah

merubah nasib-manufacturing hope-sukses adalah hak saya-tidak yang abadi kecuali perubahan-ayat kursi-www.riyadhohayatkursi.comBerdoa merupakan salah satu tanda masih adanya kehidupan. Karena berdoa perwujudan dari sebuah perbuatan atas adanya sebuah harapan. Dan harapan-lah yang selama ini membuat seseorang bertahan untuk hidup. Dengan tentunya harapan yang baik untuk setiap waktu yang dijalani, baik untuk saat ini maupun saat yang akan datang.

Tentang doa-pun Allah berfirman :

“ Berdoalah kepada-Ku, niscaya Ku-perkenankan bagimu…” (QS. Al-Mu’min: 60)

Firman Allah diatas adalah perintah agar kita berdoa kepada Allah. Dan Allah niscaya memperkenankan (mengabulkan) atas doa kita.

Disini saya tidak mengupas atas adab atau cara rahasia doa dikabulkan Allah. Tetapi yang ingin saya sampaikan adalah setelah doa dikabulkan oleh Allah. Karena saya yakin setelah doa dikabulkan oleh Allah seringkali kita menjadi lalai.

Dan ini yang sering menjadi salah satu penghalang (hijab) terkabulnya doa untuk sebuah hajat yang berikutnya. Selama ini yang kita ketahui bahwa yang menjadi penghalang terkabulnya doa adalah perbuatan dosa yang dikerjakan. Sementara tidaklah selalu demikian adanya.

Setelah Allah mengabulkan doa kita masih ada yang harus kita kerjakan atas sebuah kewajiban yang harus tetap dijalankan secara berkesinambungan (istiqomah). Jadi ada sebuah konsekwensi atau tanggung jawab yang masih harus dikerjakan setelah doa dikabulkan.

Sebagai contoh dalam kehidupan nyata sehari-hari. Siapa pun dan apapun anda saat ini pasti ingin rezeki lancar dan mudah. Setiap hari berdoa agar rejeki lancar dan berlimpah. Tetapi setelah Allah mengabulkan lupa untuk sedekah. Wajar kalau kemudian Allah menyempitkan dan mempersulit rejeki anda.

Sedekah itu-lah yang harus dikerjakan setelah Allah mengabulkan doa meminta rejeki. Sedekah itu bukan hanya pada saat ada rezeki saja. Tetapi sedekah itu harus menjadi kebiasaan karena hukumnya memang wajib untuk setiap muslim. Sisihkan setiap dari rejeki yang didapat untuk sedekah, bukan kalau ada sisa baru sedekah. Karena kalau disisakan tidak akan pernah sedekah. Berapa pun rejeki yang anda dapat sisihkan untuk sedekah. Dan jangan menunda sedekah.

Dari contoh doa dan sedekah diatas bisa sangat dipahami bahwa di dalam doa yang dikabulkan ada konsekwensi yang masih harus dikerjakan. Dan ini juga berlaku untuk semua doa yang dikabulkan Allah. Apa pun itu hajat yang dipanjatkan dalam doa. Bukan berarti setelah Allah mengabulkan kemudian berhenti untuk tidak mengerjakan amal kebajikan yang lain.

Jadi bila ingin doa selalu dikabulkan harus selalu dilanjutkan dengan amal kebajikan yang lain secara terus menerus berkesinambungan. Dan jangan merasa lelah untuk berbuat amal baik, karena Allah pun juga tidak pernah merasa lelah untuk selalu memberikan apa yang dibutuhkan oleh hamba-hambaNya.

Semoga bermanfaat…

Sumber  :  Riyadhoh Ayat Kursi

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini. Hal ini agar menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Berbagilah dengan teman-teman anda artikel ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini. Semoga menjadi manfaat, keberkahan dan keberlimpahan Ridho Allah untuk kita semua.