Rahasia Kekuatan dan Keajaiban Terapi Doa

Terapi Doa bukanlah hanya pelengkap dalam ibadah. Tetapi terapi doa adalah ibadah itu sendiri seperti halnya terapi dzikir. Karena sebenarnya terapi doa ada dalam setiap ibadah. Contoh yang paling sederhana adalah bacaan Al Fatihah yang ada dalam setiap rakaat dalam bacaan shalat fardhu maupun sunnah berisikan doa, yaitu memohon untuk ditunjukkan jalan yang lurus, jalan yang di ridhoi Allah. Pada saat duduk antara dua sujud pun berisikan bacaan doa. Jadi doa itu adalah ibadah.

Seperti sabda Rosulullah : Doa itu adalah ibadah (HR. Abu Dawud dan At-Turmudzy)

Firman Allah tentang doa : Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam Keadaan hina dina”. (QS : Al-Mu’min 40:60)

“ Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran “ (Al-Baqarah 2: 186)

Di dalam melakukan terapi doa laksanakan dengan rendah hati dan suara yang lembut, seperti bunyi salah satu ayat Al Quran : Berdoalah kamu kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara lembut. Sesungguhnya Dia tidak suka kepada orang-orang yang melampaui batas(QS Al-A’raf, 7:55)

Di dalam terapi doa juga jangan tergesa-gesa dan terburu-buru, seperti sabda Rosulullah  : “ Allah akan mengabulkan doa hambaNya yang ketika memintanya tidak terburu-buru ingin segera dikabulkan (HR.Bukhari-Muslim).

Semua itu harus dilakukan di dalam terapi doa karena Allah sangat senang sekali mendengar doa hambaNya.

Terapi doa merupakan kunci segala kebaikan, Karena terapi doa dapat menolak dan merubah takdir.

Rosulullah bersabda :  “ Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali kebaikan.” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Itulah salah satu rahasia kekuatan dan keajaiban terapi doa, yaitu dapat menolak dan merubah takdir. Dimana selama ini takdir selalu dijadikan kambing hitam atas kondisi yang kurang baik dan kurang menguntungkan atas nasib hidup seseorang.

Terapi Doa juga merupakan sarana dan media komunikasi serta dialog antara seorang  hamba dan Allah. Oleh karena itu ada Jawaban dari setiap doa. Karena jawaban Allah atas doa kita itu merupakan petunjuk atas doa yang dipanjatkan.

Hanya karena keterbatasan panca indera yang kita miliki sehingga kita tidak memahami dan mengerti jawaban Allah atas setiap doa kita.

Oleh karena itu di dalam tulisan sebelumnya saya menyampaikan mengenai Terapi Dzikir. Karena salah satu manfaat terapi dzikir adalah untuk mengasah dan meningkatkan kepekaan hati (batin) atas jawaban Allah dari doa kita.

Karena itulah di dalam berdoa pun juga harus istiqomah dan tuma’ninah, karena kepekaan hati (batin) di dalam memahami dan mengerti atas jawaban sebuah doa hanya bisa terjadi apabila di dalam melaksanakan terapi doa dilakukan secara istiqomah dan tuma’ninah.

Dan doa merupakan kunci sukses dan solusi sukses dari setiap masalah dan problema kehidupan, karena dibalik Kesuksesan dan Keberhasilan seseorang selalu ada Aspek Spiritual dan Ikhtiar Batin yang menyertainya.

Semoga bermanfaat…

Sumber  :  Rahasia Riyadhoh Ayat Kursi

Berbagilah dengan teman-teman anda tulisan ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini.