Dosa Siri (Sirri)

Mungkin baru kali ini anda tahu ada kosa kata dosa siri. Dan bisa jadi “dosa siri” merupakan kosa kata baru yang baru ada. Karena selama ini yang ada dan sudah dikenal adalah kosa kata Nikah Siri, dimana ini sudah menjadi bahasa umum.

Arti dosa semua orang sudah mengerti dan memahami. Sedangkan siri (Sirri) artinya rahasia atau tersembunyi. Jadi dosa siri adalah dosa yang tersembunyi. Maksudnya dosa yang tidak bisa di lihat, di dengar dan di sentuh, tetapi bisa di rasa.

Dosa ini sangat halus untuk terjadi dan dilakukan. Bahkan saat dosa siri terjadi seringkali seseorang tidak menyadari bila sudah melakukan. Yang saya maksud disini dengan dosa siri adalah dosa yang timbul dari dalam hati atau bisa juga disebut dengan penyakit hati.

Lantas apa saja dosa siri itu ? Menurut saya ada tiga dosa siri yang sering hinggap di hati kita, yaitu :

  1. Su’udzon :  Suka berprangka buruk terhadap orang lain, dimana dosa ini juga berkaitan dengan rasa iri terhadap sesama. Baik itu iri terhadap rezeki orang lain atau pun kesuksesan orang lain.
  2. Riya’ : Selalu Merasa lebih baik dari orang lain, baik tentang ibadah, beramal dan ilmu agama.
  3. Ujub : Suka pamer, baik tentang ibadah, beramal dan ilmu agama.

Ke tiga dosa siri diatas bila dilakukan oleh seseorang tidak hanya berdampak tidak baik pada diri si pelaku tetapi juga berdampak yang tidak baik pada orang lain dan lingkungan.

Salah satu contoh misal adalah su’udzon, orang yang dirasuki su’udzon akan berlanjut pada dosa yang lain berupa menghujat, menghasut, menggunjing dan perbuatan dosa lainnya yang akan merugikan dan menyakiti hati serta fisik orang lain.

Selain dampak yang tidak baik seperti diatas, dampak yang lain adalah tertutupnya hidayah Allah terhadap seseorang yang sudah terperangkap dalam dosa siri seperti halnya dosa yang lain. Karena hati adalah tempat bersemayamnya tentang kebaikan dan keburukan. Oleh karena itu dosa siri ini sangat perlu diwaspadai.

Untuk menjaga hati dari dosa siri adalah dengan memperbanyak membaca Istighfar dengan cara dzikir siri. Selain itu mengerjakan Sholat Taubat.

Sholat taubat ini dilakukan karena dari sifat dosa siri itu sendiri, yang tidak bisa di lihat, di dengar dan di sentuh. Meskipun dosa siri masih bisa di rasa tetapi dosa siri ini sangat tersamar dilakukan. Sehingga seseorang tidak menyadarinya bila sudah melakukannya. Dan ini kembali pada sifat manusia yang merupakan gudangnya khilaf.

Untuk itu marilah kita menjaga hati dari dosa siri dengan memperbanyak Istighfar dan sholat taubat. Agar kita bisa terhindar dari dosa siri serta perbuatan dosa yang lain.

Semoga bermanfaat…

Man Jadda Wa Jada ; Barang siapa bersungguh-sungguh pasti berhasil !

Bagikan tulisan ini kepada teman – teman anda melalui Twitter, Facebook dan Email.

Sumber : Rahasia Riyadhoh Ayat Kursi

Iklan