Rahasia Aspek Spiritual Untuk Kesuksesan dan Keberkahan

Rahasia Aspek Spiritual Untuk Kesuksesan dan Keberkahan-Ayat Kursi-Sedekah-Shalat Malam-tahajud-dhuha-hajat-doa-puasa-umroh-haji-zakat-infaq-shodaqohBeberapa minggu terakhir ini di media infotainment baik televisi, tabloid dan internet kita disuguhi Headline dengan berita kasus Adi Bing Slamet dan Eyang Subur. Dimana permasalahan antara Adi Bing Slamet dan Eyang Subur ini belakangan juga melibatkan artis yang lain. Dari Srimulat ada Tessy, Gogon, Nurbuat, Rohana, dan Mamiek Prakoso, ada pula Unang Bagito dan Dorce Gamalama serta Septian Dwicahyo seniman pantomim.

Kasus Adi Bing Slamet dan Eyang Subur tidak seharusnya terjadi apabila seseorang mau laku spiritual sendiri dengan ikhtiar batin Mandiri. Dengan laku spiritual sendiri berupa ikhtiar batin hasilnya akan lebih besar manfaatnya, khasiatnya dan fadilahnya. Baik itu untuk kemudahan dan kelancaran rezeki-rejeki, kelancaran usaha dan bisnis, kesuksesan hidup, keberkahan hidup, kesehatan, kemaslahatan serta nilai pahala di dunia dan di akhirat. Bila seseorang mau laku spiritual sendiri akan terhindar dan jauh dari putus asa, frustasi, stress dan depresi karena menghadapi problema hidup dan persoalan hidup.

Kasus Adi Bing Slamet dan Eyang Subur ini membuka mata salah satu fenomena sosial dan budaya yang ada di dalam masyarakat kita yang tidak bisa lepas dari aspek spiritual di dalam hidup. Dimana fenomena sosial dan budaya ini seperti gunung es yang tampak kecil dipermukaan tetapi besar dibawah permukaan. Bukan rahasia lagi apa pun status sosial, status ekonomi dan profesi-nya selalu menyertakan aspek spiritual dalam kegiatan atau aktifitas sehari-hari.  Ada dari artis, pelawak, pejabat, politikus, pengusaha, pedagang, bahkan TKI pun juga tidak lepas dari fenomena aspek spiritual ini. Dan tentunya dengan berbagai maksud dan tujuan dari masing-masing si pelaku tersebut.

Dimana aspek spiritual ini melibatkan profesi tertentu dengan sebutan Guru Spiritual, Penasehat Spiritual, Ajengan, Paranormal, Dukun dan berbagai macam sebutan yang lain untuk di berbagai daerah yang berbeda. Dimana secara keilmuan pun juga beraneka ragam istilah, ada ilmuhikmah, supranatural, metafisika, parapsikologi, okultisme dan lain sebagainya. Tetapi intinya sesuatu yang berkaitan dengan aspek spiritual dalam kehidupan.

Sebenarnya fenomena sosial dan budaya yang berkaitan dengan aspek spiritual ini tidak hanya terjadi pada saat sekarang ini saja. Tetapi sudah terjadi semenjak dari jaman kerajaan dahulu. Dimana raja-raja dahulu juga melibatkan Guru Spiritual dan Penasehat Spiritual di dalam menjalankan roda pemerintahan dan kekuasaan. Bahkan Presiden Soekarno-Bung Karno dan Presiden Soeharto pun tidak  lepas dari aspek spiritual dan laku spiritual di dalam menjalankan roda pemerintahan dan di dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah hal tersebut salah ? Tentu saja tidak ! Karena dibalik kesuksesan dan keberhasilan seseorang selalu ada peran aspek spiritual di dalamnya. Tetapi sangat disayangkan dengan jaman yang penuh dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini banyak orang yang tidak tahu perihal tersebut dan kalau pun tahu sudah jarang yang mau menjalankan laku spiritual sendiri dengan ikhtiar batin mandiri di dalam menjalani hidup. Maunya serba instan dengan simbol-simbol kebendaan seperti jimat, wifik-wifiq, rajah dan yang lainnya sebagai sarananya.

Dari pengalaman saya, saya pribadi lebih suka untuk melakukan laku spiritual sendiri dengan ikhtiar batin secara Mandiri. Karena tidak mengandung resiko dan saya juga bisa merasakan langsung besarnya manfaat, khasiat dan fadilah seperti kemudahan dan kelancaran rezeki-rejeki, kelancaran usaha dan bisnis, kesuksesan hidup, keberkahan hidup, kesehatan dan  kemaslahatan dalam hidup saya. Selain itu saya juga yang paling tahu tentang problema hidup dan persoalan hidup saya dan apa yang saya inginkan dalam hidup saya.

Oleh karena itu siapa pun diri kita saat ini, sebenarnya tidak pernah lepas dari aspek spiritual. Dari awal penciptaan hingga akhirnya meninggal nanti. Kasus Adi Bing Slamet dan Eyang Subur bisa menjadi contoh untuk kita semua, bahwa di dalam mencari solusi untuk persoalan hidup yang menyertakan aspek dan laku spiritual jangan sampai menimbulkan masalah dan kerugian di kemudian hari, baik itu harta atau pun orang-orang yang kita sayangi.

Selama aspek dan laku spiritual itu di dalam prakteknya tidak melanggar syariat dan norma agama serta norma sosial, aspek spiritual mempunyai peranan yang sangat penting untuk kesuksesan hidup di dunia ini dan sebagai bekal di akhirat nanti. Bila kita selalu menyertakan aspek spiritual dalam kehidupan dan aktifitas sehari-hari akan memberikan solusi dan mengentaskan berbagai masalah kehidupan disaat sebuah ikhtiar lahir sudah tidak bisa memberikan jalan keluar. Oleh karena itu alangkah baik dan bijaknya apabila menyertakan aspek spiritual itu dengan laku spiritual sendiri dengan ikhtiar batin secara mandiri..

Semoga bermanfaat…

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini. Hal ini agar bisa menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Sumber  :  Rahasia Ayat Kursi

Berbagilah dengan teman-teman anda tulisan ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini. Semoga menjadi keberkahan dan keberlimpahan Ridho Allah untuk kita semua.