Merubah Dan Mengubah Takdir Illahi

Benarkah takdir bisa dirubah atau diubah ? Pertanyaan sederhana dengan jawaban yang tidak mudah. Jika pun ada jawaban pasti akan terjadi pro dan kontra. Itu adalah hal yang wajar dan normal. Tapi tidak ada salahnya bila kita sederhanakan pemahaman tentang takdir jika tidak ingin dikatakan mudah. Karena hidup itu sebenarnya sederhana saja. Manusianyalah yang menjadikan rumit dan berbelit.

Takdir seperti yang diketahui secara umum adalah ketentuan Allah. Dan itu memang benar. Takdir sebagai ketentuan Allah ada dua hal, yaitu ketentuan yang bersifat Sunnatullah atau hukum Allah, misalkan matahari terbit dari ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat. Takdir yang bersifat Sunnatullah inilah tidak bisa dirubah.

Sedangkan takdir yang berkenaan dengan nasib hidup masih bisa dirubah atau diubah. Karena takdir sebagai ketentuan Allah yang berkenaan dengan nasib hidup bukanlah sebuah takdir atau ketentuan dengan harga mati yang tidak bisa dirubah atau pun diubah. Bila ada seseorang yang berkata bahwa takdir tidak bisa dirubah atau diubah itu adalah perkataan orang yang sudah putus asa, seperti firman Allah :

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah ta’ala mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS Az-Zumar 53-54)

Atau lebih ekstrim lagi itu adalah perkataan orang-orang yang malas untuk berikhtiar. Dan Allah sangat murka pada hamba-hambanya yang malas berikhtiar. Ketentuan Allah yang biasa disebut dengan takdir tersebut masih bisa dirubah atau diubah. Apa pun dan bagaimana pun kondisi anda saat ini masih bisa berubah dan anda masih bisa mengubahnya. Dan tentunya dengan ikhtiar. Dalam berikhtiar harus seimbang antara ikhtiar batin dan ikhtiar lahir. Karena itu merupakan bagian dari solusi sukses dan kunci sukses dalam semua aspek kehidupan.

Untuk merubah dan mengubah takdir nasib hidup ada ikhtiar yang bisa dilakukan :

1. Berdoa,

Allah berfirman : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Mu’min 60)

Rosulullah bersabda : “Barang siapa hatinya terbuka untuk berdoa, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah dari pada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya doa bermanfaat bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada doa”. (HR Turmudzi dan Hakim)

“Barangsiapa tidak berdoa kepada Allah ta’ala, maka Allah ta’ala murka kepadaNya.”(HR. Ahmad 9342)

2. Bersedekah,

Rosulllah bersabda : Silaturrahmi dapat memperpanjang umur dan sedekah dapat merubah takdir yang mubram” (HR. Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, Imam Ahmad).

Berdoa merupakan bagian dari ikhtiar batin, seperti halnya terapi dzikir dan terapi doa khusus yang ada dalam Riyadhoh Ayat Kursi.

Sedangkan sedekah bagian dari ikhtiar lahir, dimana manfaat sedekah untuk menghapus dosa juga untuk mensucikan harta atau pun rezeki yang diperoleh. Selain itu juga untuk membuka dan mendatangkan rezeki berlipat-lipat.

Jadi kembali lagi kepada keseimbangan ikhtiar batin dan ikhtiar lahir. Ikhtiar batin dan ikhtiar lahir harus seiring sejalan untuk bisa merubah dan mengubah takdir Illahi.

Bila saat ini anda mengalami ujian dan cobaan dari Allah janganlah berputus asa, karena Allah selalu bersama hamba-hambaNya yang tidak pernah berputus asa untuk memperbaiki dan merubah nasib hidup serta takdir di masa yang akan datang.

Sudah banyak orang-orang yang berhasil dan sukses merubah nasib hidup mereka, meskipun mereka tidak dikenal oleh banyak orang. Itu karena mereka tidak pernah putus asa dan mau untuk istiqomah melakukan ikhtiar batin dan ikhtiar lahir.

Dibalik Kesuksesan dan Keberhasilan seseorang selalu ada Aspek Spiritual dan Ikhtiar Batin yang menyertainya.

Semoga bermanfaat…

Sumber  :  Rahasia Riyadhoh Ayat Kursi

Berbagilah dengan teman-teman anda tulisan ini di Facebook, Twitter, Email dan lainnya dibawah ini.